Attention...!!!
Apabila link gak bisa dibuka, silakan klik pada Label yang tersedia yea...!!!

Cacat dan Penyakit Bawaan

Pernahkah melihat seseorang dengan kepala botak, atau pun orang dengan kulit pucat putih tanpa pigmen (albino) ??? Pembahasan topik kali ini adalah tentang beberapa cacat serta penyakit yang dapat diwariskan tetua kepada keturunan.
Langsung aja ya.

Pembawa sifat (gen) terdapat dalam jumlah banyak di dalam tubuh, tepatnya pada kromosom tubuh maupun kromosom seks. Satu atau sejumlah gen mengendalikan satu macam sifat, sifat yang lain dikendalikan oleh gen-gen yang lain pula. Kromosom-kromosom yang membawa gen-gen itu juga berpasang-pasangan. Pada waktu terjadi meiosis yaitu pada saat pembentukan sel-sel gamet setiap sperma maupun ovum membawa seperangkat kromosom (n). Seperangkat kromosom yang dibawa oleh gamet tersebut meliputi semua gen-gen pengendali sifat individu tersebut. Suatu saat gen-gen pengendali sifat tersebut akan memainkan peranannya bila gamet-gamet tersebut menjadi individu baru. Dengan kata lain semua sifat termasuk cacat dan penyakit bawaan diwariskan melalui gen.

Cacat dan penyakit yang dimaksud di sini adalah penyakit yang tidak menyangkut masalah genetika, seperti kecelakaan tidaklah diwariskan, akan tetapi cacat dan penyakit yang dimaksud adalah sebagai berikut.
  • Albinisme
  • Daltonisme (Buta warna)
  • Hemofilia
  • Brachydactyly
  • Kepala botak
Untuk lebih terperinci tentang beberapa penyakit di atas, dilain waktu dan kesempatan kita bahas.
Semoga bisa menjadi pedoman dan panduan belajar biologi.

Salam biologi...!!!

    0 comments:

    Post a Comment

    Kita jalin Silaturrahim dengan mengisi kotak komentar di bawah ini meskipun sepatah dua patah kata...!!!