Attention...!!!
Apabila link gak bisa dibuka, silakan klik pada Label yang tersedia yea...!!!

Golongan Darah MN

Penggolongan darah pada manusia maupun hewan selain dengan sistem ABO, juga dapat digolongkan berdasarkan sistem MN. Hal ini didasarkan pada hasil penemuan antigen baru oleh K. Landsteiner dan P. Levine pada tahun 1927 pada eritrosit. Antigen ini oleh Landsteiner dan Levin diberi nama antigen M dan antigen N. Sama halnya dengan sistem ABO, apabila di dalam eritrosit sobat terdapat antigen M maka golongan darah sobat disebut golongan darah M, apabila di dalam eritrosit sobat terdapat antigen N maka golongan darah sobat disebut golongan darah N, dan apabila sobat memiliki kedua antigen tersebut (MN) maka sobat bergolongan darah MN.

Jika pada sistem ABO saya menggunakan lambang I, maka pada penjabaran sistem MN ini saya akan menggunakan huruf L sebagai simbol/lambang untuk penulisan genotif, merupakan huruf yang diambil dari huruf awal Landsteiner.

Di dalam eritrosit, antigen M dan N dikendalikan oleh sebuah gen yang memiliki alela ganda, yaitu alela LM yang mengendalikan antigen M dan alela LN yang mengendalikan antigen N. Pada penggolongan darah MN ini tidak terdapat dominansi antara alela LM dan alela LN, artinya apabila seseorang memiliki kedua antigen tersebut (M dan N) maka orang itu bergolongan darah MN.

Untuk pewarisan golongan darah MN parental kepada filiusnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

No.
Parental
Genotif
Gamet
Filius
Golongan Darah
Persentase
1.
Ayah
MN
LM LN
LM,  LN
LM LM
M
25%

Ibu
MN
LM LN
LM,  LN
2 LM LN
2 MN
50%





LN LN
N
25%
2.
Ayah
MN
LM LN
LM,  LN
LM LN
MN
50%

Ibu
N
LN LN
 LN
LN LN
N
50%

Bagaimana halnya dengan transfusi darah ?

Don't worry be happy...!!!

Sobat masih bisa melakukan transfusi darah kok. Misalnya sobat bergolongan darah M pada sistem MN. Sobat tetap dapat melakukan atau pun mendonorkan darah sobat ke orang yang bergolongan darah M, N, dan atau pun MN. Kenapa demikian ?

Karena di dalam plasma darah tidak terbentuk zat anti-M atau zat anti-N sehingga tidak akan pernah terjadi bahaya aglutinasi (penggumpalan darah). Jadi aman-aman saja khan ?!

But...dalam kasus seperti ini, golongan darah sistem ABO harus tetap diperhatikan.

Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan panduan belajar biologi.

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Wah info menarik, ane minta Ijin bwat comot !.

    ReplyDelete

Kita jalin Silaturrahim dengan mengisi kotak komentar di bawah ini meskipun sepatah dua patah kata...!!!