Attention...!!!
Apabila link gak bisa dibuka, silakan klik pada Label yang tersedia yea...!!!

Percobaan Stanley Miller

Dari teori-teori yang berkembang yang menjelaskan asal usul dari kehidupan di bumi, teori naturalis merupakan teori yang paling masuk akal dan Stanley Miller adalah salah satu tokoh dari teori naturalis. Dengan kejeniusan Stanley Miller di Universitas Chicago pada tahun 1953 berhasil menciptakan sebuah alat percobaan untuk menguji hipotesis yang diajukan oleh beberapa tokoh teori naturalis sebelumnya bahwa "terjadinya mahluk hidup berasal dari reaksi kimia CH4, NH3, H2 dan H2O". Oleh Miller, alat percobaannya itu dirancang kurang lebih sama dengan kondisi pada keadaan pada awal terbentuknya bumi.

Berikut di bawah ini saya sajikan model alat percobaan Miller beserta dengan penjelasan cara kerjanya.
Gambar model alat percobaan Stanley Miller

Penjelasan cara kerja percobaan Miller.
  1. Terlebih dahulu alat percobaan dikosongkan menggunakan pompa hampa udara.
  2. Gas-gas berupa CH4, NH3, H2 dan H2O (semua dalam bentuk gas) dimasukkan ke dalam tabung A pada alat percobaan.
  3. Tabung berisi air dipanaskan sampai mendidih sehingga timbul uap air yang akan naik dan bersama dengan gas-gas tadi mengalir di dalam saluran pipa menuju ke tabung B (sobat bisa lihat tanda panah pada gambar model alat percobaan Miller).
  4. Di dalam tabung B dipasang elektrode yang dialiri listrik dari sumber listrik bertegangan tinggi, sehingga di dalam tabung B terjadi loncatan api listrik. Di tempat itulah terjadi reaksi kimia dari campuran gas kimia sebelumnya tadi.
  5. Hasil dari reaksi kimia tersebut kemudian turun menuju ke saluran C. Pada saluran terdapat alat pendingin sehingga hasil reaksi terjadi kondensasi (pendinginan) dan akhirnya terbentuklah embun, dan hasil senyawa kimia yang terbentuk akan mengalir melalui kran.
  6. Hasil senyawa kimia yang terbentuk tersebut kemudian diamati dan dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa senyawa yang terbentuk adalah senyawa asam amino.
Jadi dengan adanya percobaan yang dilakukan oleh Miller ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan oleh Dr. Oparin adalah benar. Reaksi kimia yang terjadi menghasilkan senyawa asam amino dan asam amino tersebut merupakan dasar dari kehidupan.

Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai panduan belajar biologi.

1 comment:

  1. kalo Dr. oparin itu pendukung evolusi biologi bro
    yang benar itu harold urey,dia pendukung evolusi kimia yang dibuktikan oleh percobaannya stanley miller

    ReplyDelete

Kita jalin Silaturrahim dengan mengisi kotak komentar di bawah ini meskipun sepatah dua patah kata...!!!