Attention...!!!
Apabila link gak bisa dibuka, silakan klik pada Label yang tersedia yea...!!!

Zat-Zat Kimia Penyebab Mutasi

Met sore sobat BB, mudah-mudahan sobat semua dalam lindungan Allah SWT dan diberikan rahmat berupa kesehatan fisik maupun rohani. Amiin.

Masih sekitar pembahasan tentang mutasi, khususnya mutagen penyebab mutasi yang dapat disebabkan oleh zat kimia atau pun karena adanya faktor fisik seperti radiasi.

Zat-zat kimia penyebab mutasi misalnya DDT, formaldehida,  DEB, hidrogen peroksida, caffeine, dll. Sedangkan faktor fisik karena terkena radiasi sinar kosmis, sinar ultraviolet matahari, dsb.

Berikut ini saya kutip 11 zat kimia penyebab mutasi.

1. DDT (Dichlor Diphenil Trichlorethan)
DDT adalah sejenis pestisida yang dapat menyebabkan mutasi pada Mammalia seperti tikus dan manusia.

2. Formaldehida
Zat kimia ini adalah zat kimia yang digunakan sebagai pengawet. Zat kimia ini secara umum banyak digunakan pada berbagai industri seperti industri tekstil, kertas, dan pupuk. Pada industri tekstil berfungsi sebagai zat anti kusut dan anti api. Formaldehida juga dapat sobat jumpai pada asap tembakau, asap kendaraan, asap pada mesin maupun pada buangan pabrik tekstil. Formaldehida adalah zat yang menyebabkan mutagen pada lalat Drosophila, Neurospora, dan E. coli.

3. Butadiene diepoxide (DEB)
Merupakan zat kimia yang sering digunakan pada industri tekstil dan farmasi, berfungsi untuk mencegah adanya aktivitas mikroba. Zat kimia ini menyebabkan mutagen pada lalat Drosophila, Neurospora, dan E. coli, Salmonela, ragi, jagung, tomat, Penicilliun, dan Mammalia.

4. Hidrogen peroksida (H2O2)
Zat kimia ini juga yang sering digunakan pada industri tekstil, kayu, karet, plastik, tepung, kertas, dan kosmetika. H2O2 menyebabkan mutagen pada Neurospora,bakteri, dan tikus.

5. Caffeine
Apalagi zat yang satu ini, saya yakin sobat pasti sangat familiar mendengarnya. Ya, zat caffeine banyak dijimpai pada beberapa jenis minuman, kopi, teh, cokelat, dan limun. Dalam hal kesehatan, caffeine ini dapat berfungsi mengembangkan pembuluh darah koroner sehingga menciptakan sensasi segar dan menghilangkan pusing. Mutagen terhadap bakteri, Drosophila, dan bakteriofage.

6. Cyclamate dan Cyclohexylamine
Dalam kehidupan sehari-hari kita kenal sebagai penyedap makanan dan minuman. Mutagen terhadap tikus.

7. Asam nitrit dan natrium nitrit
Sering digunakan untuk mengawetkan daging, ikan, dan keju. Terhadap DNA dapat menyebabkan deaminasi adenin, guanin, dan sitosin sehingga terjadi perubahan pasangan basa nitrogen.
Asam nitrit yang bereaksi dengan adenin membentuk hipoxantin, menggantikan kedudukan adenin asli dan berpasangan dengan sitosin,  dan tidak berpasangan lagi dengan timin.
Asam nitrit dan natrium nitrit mutagen terhadap bakteri, jamur, dan virus.

8. Antibiotik
Ada beberapa obat antibiotik yang dapat menghalangi terjadinya replikasi DNA seperti mitomycin C, azaserine, streptonigrin, dan phleomycin. Obat-obat tersebut mutagen terhadap Drosophilla, dan leukosit manusia.

9. Colchicine 
Colchicine atau yang biasa disebut kolkisin banyak dipakai dalam berbagai eksperimen untuk mempelajari pertumbuhan sel terhadap berbagai faktor. Kolkisin mutagen pada sel tumbuhan dan Mammalia.

10. Bromo-Urasil (BU)
Struktur zat kimia BU mirip dengan timin sehingga BU dapat berpasangan dengan adenin. Akan tetapi zat tersebut dapat pula berpasangan dengan guanin sehingga menyebabkan perubahan kodon.

11. Hidroksilamin (NH2OH)
Hidroksilamin atau yang rumus molekulnya NH2OH dapat menyebabkan perubahan pasangan basa DNA sitosin-adenin yang seharusnya sitosin-guanin. NH2OH mutagen terhadap bakteriofage.

Mutasi yang disebabkan karena faktor fisik akan kita bahas dilain kesempatan aja ya karena pada saat saya memposting materi ini menjelang pergantian waktu shalat ashar ke shalat magrib. Segala sesuatunya pan butuh persiapan (heheheh....).

Semoga bahasan singkat tentang zat-zat kimia penyebab mutasi di atas bermanfaat untuk sobat dan dapat dijadikan sebagai panduan belajar biologi.

1 comment:

Kita jalin Silaturrahim dengan mengisi kotak komentar di bawah ini meskipun sepatah dua patah kata...!!!