Attention...!!!
Apabila link gak bisa dibuka, silakan klik pada Label yang tersedia yea...!!!

Tahap-Tahap Terbentuknya Mahluk Hidup

Asal usul kehidupan berasal dari zat-zat anorganik yang secara bertahap mengalami perubahan sehingga menjadi makromolekul organik yang diperkirakan dimulai dari lautan.

Berdasarkan teori naturalistik, terbentuknya mahluk hidup yang pertama di bumi melalui beberapa tahap.

Adapun tahap-tahap yang dimaksud dapat dijelaskan secara singkat tiap-tiap tahapannya sebagai berikut:

Tahap 1
Mahluk hidup pertama disusun oleh molekul-molekul yang terdapat di atmosfer seperti CH3, NH3, H2, dan H2O. Sebagai akibat dari energi yang dihasilkan dari aliran listrik halilintar mengakibatkan terjadinya reaksi kimia pada molekul-molekul anorganik terebut sehingga membentuk senyawa organik kompleks.

Tahap 2
Pada tahap ini terjadi reaksi kimia senyawa anorganik menjadi senyawa organik.
CH-4 + NH-3 + H2O- ==> Asam amino, mono sakarida, gliserol dan asam lemak, purin dan piramidin

Tahap 3
Terjadi kelanjutan dari hasil reaksi kimia tersebut di atas (tahap 2). Pada tahap ini terjadi pembentukan polisakarida, lemak, nukleotida, dan asam nukleat.

Tahap 4
Terjadi reaksi lanjutan, yaitu : asam nukleat + protein ==> nukleoprotein. Dengan adanya nukleoprotein sudah mampu bagi "calon mahluk hidup" untuk mengambil nutrisi, mutasi, maupun melakukan reproduksi.

Tahap 5
Pada tahap ini nukleoprotein mengalami perubahan sehingga mendapat selubung bahan organik sehingga akhirnya terbentuk protovirus (sel awal). Protovirus ini sudah mampu mengadakan sintesis, mengalami pertumbuhan, dan perkembangan.

Tahap 6
Protovirus mengalami evolusi menjadi virus yang bersifat parasiter. Selain itu juga ada beberapa di antara protovirus akan mengalami perubahan-perubahan (evolusi) dan ada yang mengandung klorofil sehingga menjadi tumbuhan, ada juga yang tidak memiliki klorofil dan menjadi mahluk hidup saprofitik, ada pula yang menjadi mahluk parasiter

Tahap 7
CH4 + O2  ==>  H2O + CO3
NH3 + O2  ==> N2 + H2O

O2 ditangkap oleh mahluk hidup aerob dengan melepaskan CO2 dan H2O. Oleh tumbuhan hijau, kedua molekul tersebut dipakai untuk keperluan fotosintesis. Dengan fotositesis ini, energi kimia yang ditangkap akan diubah menjadi energi kimia di dalam sel, dan selebihnya energi tersebut digunakan untuk berbagai aktivitas.
Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai panduan belajar biologi.

7 comments:

  1. wah sip nih nambah pengetahuan saya, soalnya saya dlu jurusan bahasa jd nggak ada pelajaran biologi, cm samapai smp aja ada nyerap pelajaran biologi

    ReplyDelete
  2. maaf gan mo komen n tanya? pd tahap 6 protovirus akan berevolusi mjd virus yg bersifat parasiter, artinya untuk berbiak virus memang selalu butuh sel inang, sedangkan pd masa itu blm ada satu sel pun kehidupan, jd bgmn ini?
    sy jg baru tau kl ada virus yg mengandung klorofil,.mohon pencerahanya gan pada kacung yg haus ilmu ini

    ReplyDelete
  3. blogwalking yaaa http://thejokowi.blogspot.com
    http://ahlan-s.blogspot.com
    http://mobiletc.blogspot.com
    http://wolesdownload.com

    ReplyDelete
  4. Mantap gan artikelnya..jadi tau kronologis tahap" kehidupan..
    Salam http://manfaatbersama.blogspot.com/

    ReplyDelete

Kita jalin Silaturrahim dengan mengisi kotak komentar di bawah ini meskipun sepatah dua patah kata...!!!