Attention...!!!
Apabila link gak bisa dibuka, silakan klik pada Label yang tersedia yea...!!!

Tokoh Teori Naturalis

Met malem sob, semoga sampai detik ini sobat semua masih diberikan anugerah kesehatan selalu (amiiin...).

Baru sempat update blog ini lagi, bukan karena gak ada waktu tapi baru kepengen aja. Padahal janji dalam hati sih kepengennya update setiap hari. We alaaaahhh, iman saya setipis kulit ari, selalu saja aksi si devil menggoyahkan iman ini...lebih asyik nge-game, browsing n ngumpulin uang recehan, eh ujung-ujungnya toh buka ef-be ala kadarnya (cuma ngecek doang) and jejaring sosial lainnya. Sebenarnya sih bosen banget itu-itu melulu yang dikerjain. Apalagi saat ngetik postingan ini, hal itu terus saja berulang-ulang terjadi sampe-sampe gak nyadar udah sangat larut malem tapi lum ngantuk-ngantuk juga. Makanya sembari menunggu kantuk menyerang (harimau kale' menyerang), saya pikir sebaiknya saya menepati janji hati ajalah (update blog) ketimbang menghayal gak jelas.

Awalnya saya bingung mau posting apa?!

Akhirnya saya memutuskan untuk memperkenalkan beberapa Tokoh Teori Naturalis beserta dengan pendapatnya masing-masing. Sobat masih inget teori naturalis khan?! Lebih jelasnya tentang teori naturalis dapat sobat baca disini.

Tanpa berpanjang kalimat lagi, langsung menuju TKP aja yok...!!!

Tokoh-Tokoh Teori Naturalis
  1. Dr. A.l. Oparin
  2. Merupakan seorang tokoh/ilmuwan ahli Biokimia yang berkebangsaan Rusia. Dr. A.l. Oparin mengemukakan teorinya pada tahun 1924 yang menyatakan bahwa mahluk hidup yang pertama terjadi dari senyawa kimia dan ini terjadi pada waktu belum ada oksigen di bumi tercinta sobat ini.
  3. Dr. J.B.S Halden
  4. Merupakan seorang tokoh/ilmuwan berkebangsaan Inggris. Dr. J.B.S Halden berpendapat bahwa mahluk hidup terjadi dari hasil reaksi kimia antara molekul-molekul di dalam lautan yang panas. Reaksi kimia tersebut berlangsung dengan bantuan energi yang berasal dari lautan yang bersuhu relatif tinggi. Terbentuknya mahluk hidup pertama di bumi melalui tahapan-tahapan tertentu yang dimulai dari molekul-molekul CH4, H2, NH3, dan H2O yang terdapat pada atmosfer bumi bentuk purba. Dengan adanya energi, molekul-molekul CH4, H2, NH3, dan H2O mengadakan reaksi kimia sampai pada terbentuknya mahluk hidup.

  5. Harold Urey
  6. Merupakan seorang tokoh/ilmuwan ahli kimia yang berkebangsaan Amerika Serikat. Harold Urey berpendapat bahwa kehidupan yang pertama kali terjadi di atmosfer. Pada suatu ketika dalam perkembangan terbentuknya bumi, terbentuk atmosfer yang kaya akan molekul-molekul CH4 (metan), NH3 (amonia), dan H2O semua dalam bentuk gas. Suatu ketika ada halilintar memancarkan aliran listrik yang mengandung energi tinggi serta adanya radiasi sinar kosmis (misalnya sinar poton). Dengan adanya hlilintar yang mengandung energi tinggi tersebut, molekul-molekul tersebut mengadakan reaksi kimia sehingga terbentuklah asam amino. Dengan adanya asam amino inilah dimungkinkan akan terbentuk mahluk hidup. Mahluk hidup yang terbentuk kira-kira mirip seperti virus sekarang ini. Pendapat dari Dr. Oparin, Dr. Halden dan Harold Urey dapat dianggap sebagai hipotesis yang menyatakan adanya evolusi kimia yang mengarah ke terbentuknya mahluk hidup.

  7. Stanley Miller
  8. Stanley Miller berasal dari Universitas Chicago. Pada tahun 1953 Miller berhasil menciptakan alat percobaan untuk menguji hipotesa yang dikemukakan oleh Dr. Oparin, Dr. Halden dan Harold Urey tentang terjadinya mahluk hidup yang berasal dari reaksi-reaksi kimia molekul-molekul tertentu. Miller merancang alat percobaan sederhananya sesuai dengan kondisi pada awal terbentuknya bumi yang dikemukakan oleh beberapa ahli di atas. Untuk lebih jelasnya percobaan Miller ini akan saya bahas dilain waktu.

  9. Sidney W. Fox
  10. Sidney W. Fox melakukan percobaan yang dapat menunjang teori naturalis, yaitu dengan memanasi asam amino sebanak 18 - 20 asam amino pada titik leburnya akan mengakibatkan timbulnya protein.

  11. Melvin Calvin
  12. Melvin Calvin melakukan suatu percobaan dengan mereaksikan molekul-molekul CH4, H2, NH3, dan H2O menggunakan radiasi. percobaan Calvin ini menghasilkan asam amino, gula, purin dan piramidin.
Hmmm...
...jadi, menurut saya, secara gak langsung, hipotesis serta pembuktian hipotesis dari beberapa tokoh di atas menjelaskan tentang evolusi kimia.

Semoga ulasan singkat tentang tokoh-tokoh teori naturalis ini bermanfaat untuk sobat dan dapat dijadikan sebagai panduan belajar biologi.


0 comments:

Post a Comment

Kita jalin Silaturrahim dengan mengisi kotak komentar di bawah ini meskipun sepatah dua patah kata...!!!