Attention...!!!
Apabila link gak bisa dibuka, silakan klik pada Label yang tersedia yea...!!!

Mutasi

Beberapa pekan gak update blog ini lama sekali rasanya karena berbagai kesibukan, dan kagetnya interface blogger sudah banyak sekali perubahannya. Agak kaku juga sih, tapi berada di interface yang baru ini jauh lebih enjoy karena serasa halamannya lebih luas gitu dah. Hmmmm...saya jauh sekali tertinggal dan harus lebih banyak belajar lagi untuk menyesuaikan diri. Istilah biologinya adaptasi gitu...!!!


Ya, sesuai judul di atas, kali ini saya akan menyenggol materi tentang mutasi.

Saya memilih kata menyenggol karena pada bahasan ini hanya sekilas tentang mutasi, dan untuk lebih jelasnya (macam-macam mutasi, dll) akan saya bahas pada sesi yang berbeda.

Tentunya sobat pernah pernah mendengar, membaca atau pun mempelajari tentang mutasi baik di SMP maupun di SMA. Buat sobat yang merasa istilah mutasi ini baru, sobat tidak salah berkunjung ke blog ini.


Mutasi adalah Peristiwa perubahan sifat yang baka yang bukan sebagai akibat persilangan. Mutasi dapat juga diartikan sebagai perubahan genetik pada organisme yang diwariskan pada keturunannya.
Orang yang terkena mutasi disebut mutan, sedangkan penyebab mutasi disebut mutagen.

Pengetahuan tentang peristiwa mutasi ini berawal dari eksperimen Morgan yang diadakan pada tahun 1910 terhadap lalat buah (Drosophila melanogaster). Ia menemukan ada lalat buah jantan bermata putih diantara sejumlah besar lalat buah jantan bermata merah. Sifat fenotif lalat jantan bermata putih merupakan pemunculan sifat baru. Sifat baru tersebut disebabkan oleh adanya perubahan struktur genetik yang diturunkan oleh generasi sebelumnya (tetua).

selain terjadi pada lalat buah, di sekitar kita, banyak juga contoh-contoh mutasi baik itu yang terjadi pada tumbuh-tumbuhan maupun hewan dan manusia, seperti:
1.  Pada tumbuh-tumbuhan misalnya poliploidi, yaitu mutasi yang menyebabkan buah dengan ukuran raksasa,
2.   Penyakit sickle cell terjadi pada manusia, merupakan penyakit kelainan pada eritrosit yang berbentuk bulan sabit,
3.    Down's syndrom yaitu penyakit kemunduran kecerdasan. Dll.

Menurut Morgan, peristiwa mutasi ini terjadi karena adanya perubahan DNA (Deoxyribonucleic Acid) dan kromosam. Mutasi yang disebabkan oleh adanya perubahan DNA disebut mutasi gen (mutasi titik). Mutasi gen atau mutasi titik ini juga lebih dikenal sebagai mutasi saja. Sedangkan mutasi yang menyebabkan perubahan kromosom disebut mutasi kromosom (aberasi). Untuk lebih lengkap tentang kedua mutasi ini juga akan saya bahas pada sesi yang lebih khusus dan spesifik.
Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai panduan belajar biologi.


0 comments:

Post a Comment

Kita jalin Silaturrahim dengan mengisi kotak komentar di bawah ini meskipun sepatah dua patah kata...!!!